Friday, July 22, 2016

Sistem organ dan Organisme


Beberapa organ yang berbeda akan membentuk satu kesatuan dan saling bekerjasama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Organisasi dari beberapa organ ini disebut sistem organ. Contoh sistem organ pada manusia adalah sistem pernapasan yang tersusun dari organ hidung, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru. Makhluk hidup multiseluler tingkat tinggi memiliki beberapa sistem organ yang saling berkaitan untuk mendukung kehidupan makhluk hidup tersebut. Jika salah satu sistem mengalami gangguan, tentu akan mempengaruhi sistem organ yang lain. Misalnya jika kamu mengalami sakit gigi, saraf-saraf yang ada di gusi akan mempengaruhi saraf di kepala, sehingga rasa sakit tidak hanya di gigi saja. Proses pencernaan juga akan terganggu karena makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dikunyah dengan baik. Karena gigi dan kepala terasa sakit, nafsu makanmu menjadi berkurang sehingga mengganggu kerja lambung dan organ pencernaan lain.
Sistem organ merupakan bentuk kerja sama anta rorgan untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri- sendiri, melainkan organ- organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama  lain. Tanpa ada saling mempengaruhi satu sama lain. Tanpa ada kerja sama dengan organ lain proses tubuh tidak akan terjadi. Kamu sudah menemukan bermacam-macam organ yang terdapat pada tumbuhan dan manusia. Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan sistem organ. Untuk lebih detalnya Berikut Sistem Organ Manusia.



1. Sistem organ manusia






Gambar 5.1 Sistem organ manusia





















2. Organisme

Gambar 5.2 Macan tutul (organisme )



Kumpulan sistem organ yang saling berhubungan dan bekerja sama akan membentuk suatu organisme atau makhluk hidup. Tubuh manusia merupakan organisme yang terbentuk dari berbagai sistem yaitu sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pengeluaran, sistem pernafasan, sistem koordinasi, dan sistem reproduksi. System-sistem organ saling berhubungan dan terorganisasi dengan rapi sehingga dapat membebtuk organisme. Terbentuknya suatu organisme dimulai dari sel-sel yang bentuk dan fungsinya sama sehingga membentuk jaringan, kemudian membentuk organ, kemudian membentuk system organ, dan yang terakhir adalah membentuk organisme.






Sumber : 
BSE SMP IPA Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013
http:Wikipedia.com
BSE SMP IPA KELAS VI, Wasis, Sugeng.



Comments
0 Comments