Sunday, July 24, 2016

Cara menggunakan mikroskop

Dalam Bab ini kalian akan melakukan berbagai praktikum yang aan kalian lakukan dari buku paket maupun LKS yang kalian miliki. Untuk membantu kalian lebih mengenal dan mengetahui cara menggunakan mikroskop akan diberikan cara menggunakan mikroskop dengan benar.

Gambar 6.1 Mikroskop Cahaya

  • (a.) Menganmbil mikroskop dari kotak penyimpanannya! Tangan kanan memegang bagian lengan mikroskop daan tangan kiri memegang alas mikroskop. Kemudian, mikroskop diletakan di tempat yang datar, kering, dan memiliki cahaya yang cukup.

  • (b.) Pasang lensa okuler dengan lensa yang memiliki ukuran perbesaran sedang. Kemudian,putar revolver sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi ”klik” pada revolver. 

  • (c.) Cahaya tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang), seperti yang terlihat pada gambar, dapat diperoleh dengan cara berikut.
    1. Mengatur  diagfragm untuk mendapatkan cahaya yang terang
    2. Mengatur cermin untuk mendapatlan cahaya yang akan dipantulkan ke diafragma sesuai kondisi ruangan. Pengaturan dilakuan dengan cara melihat melaui lensa okuler (apakah lapang pandang sudah terang/ jelas?) INGAT: beberapa mikrosop telah dilengkapi lampu sehingga tida perlu mencari cahaya, cukup mengatur posisi diafragma yang sesuai dengan kebutuhan cahaya terang dan lurus dengan lensa okuler dan objektif.



  • (d.) Siapkan preparat yang akan diamati lalu letaan di meja. Aturla agar bagian yang aan diamati tepat ditengah lubang meja preparat. Kemudian, jepitah preparat itu dengan penjeoit objek!



  • (e.) Aturlah fokus untuk memperjelas gambar objek dengan cara :


    1. Putar pemutar kasar (makrometer) secara perlahan sambil dilihat dari lensa okuler. Pemutar dengan makrometer dilakukan sampai lensa objektif berada pada posisi terdekat dengan meja preparat, INGAT: jangan memutar mekrometer secara paksa karena akan menekan preparat dan menyebabkan preparat rusak/ pecah/ patah. 
    2. Lanjutan dengan memutar pemutar halus (mikrimeter), untuk memperjelas bayangan objek.
    3. Jika letak preparat belum tepat, kaca objek dapat digeser dengan lengan yang berhubungan dengan penjepit. Jika tidak tersedia, preparat dapat digeser secra langsung.


  • (f.) Setelah preparat terlihat, untuk memperoleh perbesaran kuat gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10x, 40x, atau 100x dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik. Usahakan agar posisi preparat tidak bergeser. Jika hal ini terjadi, kamu harus mengulangi dari awal. 

Sumber : Materi dan gambar
BSE IPA kelas VII Kurikulum 2013

Comments
0 Comments